Jumat, 15 November 2013

10 Actor Hollywood yang Terkenal Dengan Khas Kungfu di Dunia Film

Bagi para penggemar Sun Go Kong a.k.a. Kera Sakti mungkin sudah tak asing lagi dengan nama satu ini. Dia berperan sebagai Gu Mo Ong sang siluman kerbau yang mata keranjang. Namun perlu diketahui bahwa Gordon Liu ini adalah actor bela diri yang sangat tangguh. Di eranya dulu gerakan-gerakannya sebagai biksu shaolin sangat memukau. Dan mungkin karakter sebagai biksu shaolin inilah yang begitu melekat pada film-film Shaw Brothers di tahun 80-an. Gordon terkenal di Hollywood saat dia membintangi Dwilogi Kill Bill.

Jackie Chan

Jackie Chan lahir pada tanggal 7 April 1954 di Hong Kong adalah seorang aktor, koreografer, komedian, sutradara, produser, seniman bela diri, penulis skenario, pengusaha, penyanyi, dan pemain akrobat. Dalam film, ia dikenal karena gaya bertarung akrobatik, waktu komik, penggunaan senjata improvisasi, dan stunts inovatif.

Dia adalah salah satu dari beberapa aktor yang melakukan semua stunts dalam semua film-filmnya. Jackie Chan telah bertindak sejak 1960-an dan telah muncul di lebih dari 150 film.

Jet Li

Li Lianjie (lahir 26 April 1963), lebih dikenal dengan nama panggung, Jet Li, adalah seorang seniman bela diri Cina, aktor, juara Wushu, dan bintang film internasional.

Setelah tiga tahun pelatihan intensif dengan Wu Bin, Li memenangkan kejuaraan nasional pertamanya untuk Tim Wushu Beijing. Setelah pensiun pada usia 17 tahun, ia pergi untuk memenangkan pujian besar di Cina sebagai aktor membuat debutnya dengan Kuil Shaolin film (1982).

Dia pergi ke bintang di banyak seni bela diri film epik kritis diakui, terutama Once Upon A Time In China seri, di mana ia digambarkan pahlawan rakyat Wong Fei Hung. Peran pertamanya dalam film Hollywood yang adalah sebagai penjahat dalam Lethal Weapon 4 (1998), tapi film Hollywood yang pertama peran utama berada di Romeo Must Die (2000).

Dia telah pergi ke bintang di banyak film Hollywood tindakan, yang paling baru dibintangi samping Jackie Chan dalam The Forbidden Kingdom (2008), dan sebagai penjahat tituler dalam The Mummy: Tomb Of The Dragon Emperor (2008) berlawanan Brendan Fraser.

Bruce Lee

Bruce Lee adalah salah satu master seni bela diri. 5 dan setengah meter tingginya dengan berat 135 pound. Membuat seni bela diri JKD (Jeet Kune Do) akan Anda dapatkan dari penelitian berdasarkan Newtonian fisika dan ilmu-ilmu teknik dan prinsip-prinsip olahraga anggar Eropa dan tinju ala Barat, prinsip seni bela diri untuk menahan serangan tinju atau kaki. "Amburadul memberi saya kesempatan untuk memegang Anda," kata Bruce Lee. Gerakannya begitu cepat, sehingga dalam film-filmnya dari editor harus memperlambat film sehingga penonton dapat melihat semua gerakan Bruce Lee.

Tahun 1940 adalah tahun naga, tahun di sebuah rumah sakit di San Fransisco lahirlah Lee Hsiao Lung. Dokter yang menangani kelahiran bayi itu, memberinya nama Inggris nya, Bruce. Jadi legenda itu lahir.

Yuen Biao

Yuen Biao memiliki keahlian khusus dalam seni bela diri kungfu dan telah bekerja dalam lebih dari 80 film sebagai aktor, stuntman dan koreografi aksi laga. Bersama-sama dengan "saudaranya" lulusan dari Sekolah Opera Peking, Sammo Hung dan Jackie Chan, ia adalah salah satu dari anggota Seven Little Fortunes.

Di awal-awal tahun 1970an, Yuen mulai bekerja sebagai seorang stuntman dan peran pembantu. Setelah berperan dalam beberapa film Yuen menjadi seorang stunt untuk Bruce Lee di film Enter the Dragon (1973). Dia juga adalah salah satu "tiruan" dari Bruce Lee dalam film Game of Death (1978), melakukan berbagai macam gerakan akrobatik dan stunt dimana Bruce Lee "body double" (****wondo expert, Tai Chung Kim) tidak dapat melakukannya. Yuen tetap bekerja sebagai seorang stuntman, dan juga sebagai aktor di dunia industri perfilman Hong Kong.

Akhir tahun 1970an dan awal-awal tahun 1980an, berkat hubungan baiknya Sammo Hung dan Jackie Chan, ia mulai bekerja secara rutin sebagai aktor. Selain itu ia juga muncul dalam beberapa peran kecil dalam beberapa film seperti Hung trilogi Lucky Stars.

Sammo Hung

Sammo Hung adalah seorang aktor, produser dan sutradara film laga Hong Kong yang cukup dikenal akan hasil kerja dalam bidang seni bela diri Cina dan dunia perfilman di Hong Kong. Ia pernah menjadi koreografi pertarungan untuk beberapa orang terkenal, seperti, Bruce Lee, Jackie Chan, King Hu, Stephen Chow dan John Woo.

Hung adalah tokoh yang sangat penting yang membawa gelombang perubahan baru di Hong Kong di tahun 1980an, membantu perkembangan seni bela diri dan memulai Jiang Shi genre (mayat penghisap darah).

Hung juga dikenal sebagai "Dai Goh", sampai pembuatan film Project A, yang menampilkan kedua aktor terkenal tersebut. Karena Hung adalah yang tertua diantara mereka, kung fu "brothers", dan yang pertama kali terkenal di dnia perfilman, maka ia mendapatkan nama julukan baru, "Dai Goh Dai", yang artinya, Saudara Tertua atau Saudara yang Tertua.

Hwang Jang Lee

Hwang Jang Lee adalah seorang actor laga Hong Kong yang sebenarnya berdarah Korea. Mungkin tidak banyak dari kita yang mengenalnya saat disebutkan nama Hwang Jang Lee. Namun saat kita melihat wajahnya maka kita akan segera mengenalnya sebagai Silver Fox (salah satu karakter antagonis yang diperankannya) atau Thunderfoot (musuh Jackie Chan dalam Drunken Master).

Hwang Jang Lee memang lebih terkenal sebagai karakter antagonis. Tapi walau demikian tidak jarang dari kita yang berdecak kagum dengan kemahiran bela dirinya itu. Pada masanya mungkin dialah yang pertama kali memperagakan dua kali tendangan kaki dalam satu lompatan yang lazim terlihat di jaman sekarang. Dia juga menemukan beberapa gerakan akrobatik yang pada saat itu tidak pernah terpikirkan oleh orang lain.

Tony Jaa ( Ong Bak)

Tony Jaa (Ong Bak) sedang dalam pembicaraan untuk bergabung dengan James Wan Fast and Furious 7.
Cepat 7 akan debut bahasa Inggris-bahasa Jaa serta gambar studio pertamanya.

"Saya telah menjadi penggemar dari franchise Fast and Furious," kata Jaa melalui e-mail dari Thailand. "Film-film yang cepat, menyenangkan dan menjaga penonton terlibat. Ada campuran humor dan tindakan, sesuatu yang saya benar-benar menghargai. Ada film yang lebih baik untuk terlibat dalam untuk produksi pertama studio AS. "

Jika semuanya berjalan ia akan bergabung dengan Jason Statham, Paul Walker, Vin Diesel dan Dwayne Johnson untuk angsuran ketujuh dari seri.

Masih belum ada kata pada apa yang perannya akan melibatkan, tapi keterampilan seni bela diri perkasa tidak diragukan lagi akan dipajang.

Donnie Yen

Sejak awal ia sudah diakui sebagai ahli silat. Di usianya yang masih 14 tahun dapat mengalahkan pelatih dojo Taekowondo bersabuk hitam. Usia 19 tahun dinobatkan sebagai juara Wu Shu tahunan AS. Sebagai orang perfilman, ia berkutat di Hong Kong, Hollywood, sampai 20 tahun lebih baru memiliki hasil karya yang dibanggakan bermakna mendalam yakni film Ip Man.

Keunikan seorang Donnie Yen adalah dia tidak pernah mandek dalam berkreasi. Gaya-gaya bela dirinya semakin lama semakn berkembang. Donnie mempelajari aliran lain seperti tarung bebas ala MMA ataupun Jiujitsu. Secara pribadi saya menilai, Donnie layak disebut sebagai pengganti Bruce Lee karena karakternya yang suka bereksperimen itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar