Kamis, 16 Oktober 2014

5 Cara Terbaik Untuk Mendapatkan Photo Selfie Bagus

Selfie. Inilah cara terbaru orang-orang untuk menunjukkan eksistensi dalam komunikasi di era digital. Saat ini selfie banyak dikenal masyarakat karena hadirnya kamera depan pada perangkat mobile. Bahkan adanya beberapa situs jejaring sosial yang ditawarkan sangat mempermudah mereka untuk berbagi foto selfie kepada orang lain - Instagram misalnya.

Disadari atau tidak, saat ini selfie bahkan sudah berada pada fase untuk saling bertaruh pada foto mana yang paling baik. Sebenarnya, foto selfie sendiri hanya akan terlihat sempurna jika itu tergantung pada kamera serta intensitas cahaya yang ada.

Namun ada cara terbaik untuk membuat foto selfie Anda terlihat sempurna. Nah, kali ini merdeka.com akan membahas cara-cara tersebut. Kira-kira seperti apa? Berikut ulasannya. Dikutip dari Merdeka 

Latar belakang

Latar belakang atau background di mana Anda berfoto selfie terkadang juga harus diperhatikan. Apabila anda ber-selfie dengan maksud memperlihatkan latar belakang, maka itu pun juga harus tampak dieksplore lebih dan jangan hanya sekadar terlihat saja.

Sebaliknya, apabila Anda tidak membutuhkan latar belakang, maka sebaiknya Anda harus memotongnya agar foto terlihat fokus pada Anda. Ini penting untuk menghindari salah fokus pada foto selfie.

Jarak

Pernahkah Anda berfoto selfie dan hasilnya justru hidung Anda terlihat sangat besar atau wajah Anda sedikit aneh? Ya, kadang ini memang terjadi sebab pada saat selfie kebanyakan orang tidak memperhatikan jarak antara wajah dan gadget saat memotret.

Hal paling mudah menghindari kejadian ini adalah dengan memperpanjang jarak antara kamera dan wajah. Bisa dengan memanjangkan posisi tangan Anda atau yang lebih baik adalah menggunakan monopod. Monopod di sini lebih dikenal sebagai tongsis (tongkat narsis).

Dengan menggunakan tongsis, ada kemungkinan gambar wajah Anda akan terlihat proporsional karena memiliki jarak yang ideal sehingga tidak akan terlihat hidung atau wajah Anda tampak aneh.

Rule of Thirds

Rule of Thirds adalah sebuah prinsip fotografi umum yang mana gambar dibagi menjadi sembilan bagian yang terdiri dari dua garis horizontal dan dua garis vertikal hingga membuat 9 kotak. Kotak atau garis-garis tersebut dimaksudkan agar foto wajah Anda terletak pada bagian yang wajar, artinya tepat di tengah sehingga tidak mengganggu nilai seni dari foto selfie Anda.

Akan lebih tidak enak dilihat ketika foto selfie Anda berada 'off-center' pada frame kamera. Nah, cara ini cukup mudah namun juga sangat menentukan. Beberapa kamera secara otomatis telah memiliki fitur ini sehingga dengan mudah Anda bisa menyelaraskan semuanya. Jika Anda menerapkan teknik ini, bukan tidak mungkin selfie Anda akan menjadi yang terbaik.

Pencahayaan

Miskin pencahayaan bisa membuat selfie Anda berantakan. Cahaya yang minim akan mengurangi nilai positif bahkan wajah cantik Anda tidak terlihat. Gunakan penerangan yang ada, usahakan cahaya menghadap ke wajah Anda dan jangan sampai siluet (backlight).

Jika berada dalam ruangan yang minim cahaya, Anda dapat menggunakan lampu kamera agar wajah Anda terlihat jelas. Namun yang perlu diingat adalah jangan menaruh kamera terlalu dekat jika tidak maun wajah Anda justru ditimpa cahaya yang berlebihan.

Condongkan dagu

Ini memang terdengar aneh, namun percayalah bahwa ini salah satu cara agar foto selfie Anda terlihat bagus. Mengapa? Alasannya adalah untuk menghindari bayangan dagu pada leher Anda.

Dagu yang terlalu rendah akan membuat bayangan dagu terlihat jelas, sehingga Anda perlu menaikkan atau mencondongkan dagu Anda agak ke atas agar bayangan tidak nampak. Ini juga dapat memperjelas garis rahang Anda lebih ketara. Yang perlu diingat adalah posisi kamera harus berada sedikit lebih di atas kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar